Yamaha YZF-R1, Adaptasi Teknologi Crossplane

|

Selasa, 30 November 2010


Yamaha pertama kali meluncurkan produk YZF-R1 di tahun 1998 sebagai perbaikan dari generasi mesin Genesis yang dilepas mulai tahun 1984. Perbaikan yang dilakukan ini menghasilkan mesin yang lebih pendek sehingga wheelbase pun dapat dikurangi dan mengoptimalkan center of gravity dan kemampuan handling.
Yamaha YZF-R1
Generasi tahun 2009 dari literbike keluaran Yamaha ini juga mengusung beberapa modifikasi dari generasi sebelumnya. Setidaknya, Yamaha memutuskan untuk melakukan perbaikan pada sisi chasis dan terutama pada bagian mesin. Salah satu yang paling menarik adalah pengaplikasian firing interval yang diadaptasi dari MotoGP.
Bila biasanya dua dari keempat piston yang ada bergerak dalam waktu yang bersamaan, maka keempat piston yang digunakan di sini bergerak dengan interval 90ยบ dari piston yang lain sehingga mampu mengurangi fluktuasi tenaga yang biasa terjadi pada mesin dengan empat silinder. Teknologi yang disebut crossplane ini pertama kali muncul di ajang MotoGP lewat Yamaha YZR-M1.
Yamaha YZF-R1
Untuk meningkatkan performa di tikungan jelas peran chasis dan suspensi sangatlah penting. Kerangka aluminium dengan desain baru sengaja dipasang di sini untuk mengimbangi teknologi crossplane yang sudah terpasang pada mesinnya. Entah kenapa tapi agaknya Yamaha menganggap kapasitas 998cc pada mesin generasi sebelumnya masih cukup handal dan tak ada peningkatan pada versi 2009 ini.
Secara fisik, tak banyak perubahan yang dibuat Yamaha pada YZF-R1 ini. Secara umum bentuk firing lama tetap dipertahankan meski beberapa lekukan dihilangkan dan memberi kesan lebih ringkas sekaligus lebih rendah dari versi tahun 2008. Selain terlihat ringkas, ternyata bobot motor ini pun berkurang hampir lima kilogram dibanding dengan pendahulunya.
Yamaha YZF-R1
Untuk andalan baru ini, Yamaha menyediakan empat warna pilihan, Team Yamaha Blue/White; Cadmium Yellow; Pearl White/Rapid Red dan Raven/Candy Red, dengan kisaran harga antara US$12.390 sampai US$12.490 atau sekitar Rp137 jutaan. Bila berminat Anda sudah bisa memiliki motor garang ini karena Yamaha sudah meluncurkan motor ini sejak bulan Januari 2009 lalu.
Spesifikasi:
Engine:998cc liquid-cooled inline 4-cylinder; DOHC, 16 valves (titanium intakes)
Compression Ratio:12.7:1
Fuel Delivery:Fuel Injection with YCC-T and YCC-I
Transmission:6-speed w/multi-plate slipper clutch
Suspension/Front:43mm inverted fork; fully adjustable, 4.7-in travel
Suspension/Rear:Single shock w/piggyback reservoir; 4-way adjustable, 5.1-in travel
Brakes/Front:Dual 310mm disc; radial-mount forged 6-piston calipers
Brakes/Rear:220mm disc; single-piston caliper
Tires/Front:120/70-ZR17
Tires/Rear:190/50-ZR17
Situs Resmi:www.yamaha-motor.com

Spesifikasi dan Harga Yamaha YZF-R6 2010

|

Yamaha YZF-R6 adalah sepeda motor sport dengan mesin 599cc liquid-cooled 4-silinder inline, DOHC dan 16 katup titanium.Spesifikasi Yamaha YZF-R6 tahun 2010 lainnya adalah sebagai berikut:-Penggerak akhir: Rantai-Diameter x Langkah 67,0 x 42.5mm-Kompresi 13.1:1 Rasio-Sistem bahan bakar Fuel Injection dengan YCC-T dan YCC-I-Ignition: TCI (Transistor Controlled Ignition)-Transmisi 6-kecepatan w/multiplate slipper clutch.
Harga Yamaha YZF-R6 MSRP adalah sebagai berikut: 

(Raven) Tersedia dari Februari 2010: $10,490 atau sekitar Rp.94.504.505
(Tim Yamaha Biru / Putih) Tersedia dari Februari 2010: $10,490 atau sekitar Rp.94.504.505
(Pearl White) Tersedia dari Februari 2010: $10,490 atau sekitar Rp.94.504.505